Biaya hidup di Belanda 2018

Biaya Hidup di Belanda Untuk Keluarga

3 Komentar .

Assalamu’alaikum! Selama tinggal di sini, pertanyaan yang paling banyak ditanyakan kepada kami adalah soal biaya hidup di Belanda untuk keluarga. Terutama dari teman-teman yang berencana melanjutkan studinya di sini. Ini juga pertanyaan terbesar kami dulu, saat menghitung-hitung apakah dana yang kami punya cukup untuk menutup living cost kami berempat di Belanda. Disclaimer: Tulisan ini saya buat berdasarkan kebutuhan keluarga kami (2 dewasa, 1 anak, 1 balita) tahun 2017-2018 di Rotterdam dan Capelle aan den IJssel.

Saya uraikan satu-persatu ya, dimulai dari yang paling penting (dan paling mahal), yaitu tempat tinggal!

TEMPAT TINGGAL

Mencari tempat tinggal untuk keluarga, bukan hal yang mudah. Suami baru mendapatkan tempat tinggal untuk kami 1 bulan sebelum kedatangan saya dan anak-anak. Itu pun hanya untuk beberapa bulan saja, karena satu dan lain hal yang membuat kami kurang nyaman lalu memutuskan untuk mencari tempat tinggal baru.

Untuk apartment dengan 2 kamar tidur, harga sewa per bulan berkisar antara € 600–1.200. Mahal ya? Banget! Oleh karena itu, perlu lebih cermat saat mencarinya. Apa saja sih yang perlu diperhatikan?

  • Lokasi. Apartement di tengah kota pasti jauh lebih mahal dibandingkan yang berlokasi di pinggir kota. Apartment kami sendiri berada di Capelle, kota kecil di pinggir timur Rotterdam. Lebih murah dibandingkan tempat tinggal kami sebelumnya di Rotterdam. Tapi karena kampus suami juga berada di Rotterdam bagian timur, jadi jarak tempuh ke kampus tidak terlalu jauh.
  • Akses transportasi umum. Meskipun bisa gowes kemana-mana, tapi transportasi umum tetap dibutuhkan. Misalnya saat perlu berpergian jauh atau saat cuaca tidak mendukung.
  • Bisa didaftarkan ke Gemeente (pemkot) atau tidak. Untuk bisa menikmati fasilitas seperti sekolah, perpustakaan, dan bahkan untuk buka rekening bank, kita perlu terdaftar di gemeente setempat. Tiap rumah memiliki jumlah maksimal orang yang bisa didaftarkan, tergantung jumlah kamarnya. Jadi, meskipun secara teknis memungkinkan untuk tinggal berempat di apartment 1 kamar tidur (lebih hemat pastinya!), tapi jadi tidak bisa daftar diri di gemeente. Kadang ada juga apartment yang disewakan tapi tidak bisa didaftarkan. Biasanya karena sudah terdaftar atas nama anak/kerabat pemiliknya sendiri.
  • Apa saja yang termasuk dalam harga sewa. Perabotan? Central heating?

Selain biaya sewa bulanan, kita juga harus membayar jaminan ke pemilik rumah. Biasanya sebesar 1x harga sewa. Dan bila menggunakan jasa agen (makelaar), kita juga membayar fee agen sebesar € 350.

KEBUTUHAN POKOK

biaya hidup di belanda 2018

Untuk belanja kebutuhan pokok sehari-hari kami berempat, biaya yang kami keluarkan tiap bulannya sekitar € 250-350. Ini sudah termasuk yang non-food seperti sabun cuci, sabun mandi, popok Ara, dll. Sesekali kami juga jajan, tapi jarang. Karena makanan di sini mahal, seporsi kecil kentang goreng saja harganya bisa € 2. Ngomongin jajan jadi kangen go-food, deh.. Hiks!

BIAYA & TAGIHAN RUTIN

Untuk mahasiswa single yang hanya menyewa kamar, biaya rutin yang dibayarkan ngga banyak karena biaya lain-lain biasanya sudah termasuk dalam harga sewa. Sedangkan untuk keluarga, karena harus menyewa rumah/apartment, tagihan-tagihan lain pun berdatangan.. Jreng.. jreng.. jreng!

  • Pajak sampah & limbah. Untuk Rotterdam dan Capelle, pajak yang dibayarkan untuk tempat tinggal berpenghuni lebih dari 2 orang adalah sekitar € 325 per tahun
  • Pajak pengelolaan air bersih, sekitar € 250 per tahun
  • Listrik dan gas, € 70 per bulan
  • Air, € 20 per bulan.
  • Internet & tv kabel, satu paket dan tidak bisa memilih salah satu saja (misal ingin internet saja). UPDATE: Ternyata bisa! Untuk paket internet & tv biayanya € 41,5 per bulan. Kami akhirnya (April 2018) memutus langganan tv kabel, jadi hanya bayar internet saya € 15,37 per bulan.
  • Pulsa, € 5-10 per bulan
  • Transportasi, minimal € 15 per bulan. Kalau sedang libur sekolah & kuliah, bisa berkali-kali lipat karena jalan-jalan.

Untuk listrik dan air, jumlah yang kita bayarkan per bulannya tetap. Nanti di akhir tahun akan diperhitungkan, jika kurang kita akan ditagih dan jika lebih akan dikembalikan. Tapi penggunaan berjalan bisa kita pantau lewat situs perusahaan penyedianya, jadi tetap terkontrol.

Untuk sekolah, anak-anak umur 4 tahun sudah wajib sekolah dan gratis! Kami hanya perlu membayar saat sekolah mengadakan field trip atau acara khusus. Itu pun hanya 1-2x setahun dan jumlahnya juga tidak terlalu besar, sekitar € 20-30.

HIBURAN & JALAN-JALAN

Nah, ini bukan kebutuhan utama, tapi juga penting! Hehehe.. Sudah jauh-jauh ke negeri orang, sayang kan kalau ngga sekalian eksplorasi? Sejauh ini, wisata dalam negeri yang kami lakukan bersama anak-anak adalah ke taman dan danau kota, kebun binatang, museum, dan taman hiburan.

Rekomendasi kami untuk wisata adalah museum. Sungguh, saya selalu terpana tiap kali masuk ke museum di Belanda. Jauh dari kata membosankan! Tiket masuknya berkisar antara € 10-15 untuk dewasa dan biasanya separuhnya untuk anak-anak. Untuk kebun binatang dan taman hiburan, tiketnya € 20-35. Sedangkan untuk tiket kereta, sebagai contoh dari Rotterdam ke Amsterdam, harganya € 13 per orang (dewasa) sekali jalan.

biaya hidup di belanda 2018

Spoorweg (railway) museum di Utrecht saat winter. Salah satu areanya disulap menjadi area ice skating. Seru banget kan?

 

Selain jalan-jalan, buku dan mainan juga menjadi sarana hiburan untuk anak-anak. Tapi harga buku dan mainan di sini juga ngga murah ya. Rata-rata diatas € 10. Untuk beberapa merk seperti Lego, harganya memang lebih murah kalau dibandingkan di Indonesia.

BARANG TAK HABIS PAKAI

Salah satu barang pertama yang wajib dibeli di sini adalah sepeda! Harga sepeda bekas berkisar antara € 60-100. Selain itu, bagi yang menyewa apartment kosongan, perabot dan beberapa peralatan elektronik seperti kulkas juga harus dibeli. Untuk yang satu ini, saya ngga ingat persis berapa total yang kami keluarkan. Karena kami membeli segala sesuatunya juga sedikit demi sedikit, supaya ngga terlalu membebani biaya hidup bulanan kami.

ASURANSI

Di sini, ada 2 asuransi yang kami bayarkan. Asuransi kesehatan dan asuransi isi rumah (inboedelverzekering). Asuransi kesehatan pasti akan ditanyakan apabila mendaftar ke layanan kesehatan seperti ke huisart (dokter keluarga). Kami menggunakan student insurence dari AON. Jumlah premi yang dibayarkan bisa diperhitungkan di sini. Sedangkan untuk asuransi isi rumah, tergantung dari kebijakan pemilik rumah. Kebetulan, kami diwajibkan untuk memiliki asuransi ini dan membayar € 5 per bulan untuk preminya.

 

Nah, itu tadi rincian biaya hidup di Belanda untuk keluarga. Per bulan, biaya yang dibutuhkan berkisar antara € 1.300-1.700. Tentu saja ini relatif. Tiap rumah tangga pasti berbeda-beda. Pusing memang lihat angka segitu.. Hiks! Tapi tenang, saya pun punya tips dan trik untuk berhemat biaya hidup yang sudah kami lakukan selama setahun ini. Lumayan lho, bisa berhemat lebih dari € 100 per bulan. Karena cukup panjang, tips dan triknya saya bagikan di tulisan terpisah. Bisa dibaca di sini ya…. Doei!

hizalia-sign

You Might Also Like

3 Comments

  • Reply
    Tips berhemat biaya hidup di Belanda – Hizalia
    Februari 16, 2018 at 5:17 am

    […] Sudah baca tentang besarnya biaya hidup di Belanda? Pusing? Saya juga! Hahaha.. Tapi tenaaaangg.. Saya punya tips berhemat biaya hidup yang sudah kami […]

  • Reply
    Rayendra
    Mei 5, 2018 at 10:20 pm

    Salam mbk lia
    Sy Rayendra dan baru saja mulai studi di Belanda tepatnya di Utrecht
    Sy mau tanya, untuk provider internet yg bs pilih paket internet saja itu apa mbk? Dan kalau tv kabel pakai provider apa?
    Terima kasih

    • Hizalia
      Reply
      Hizalia
      Mei 8, 2018 at 3:44 pm

      Hai mas Rayendra, kami pakai t-mobile thuis, pilihan paketnya bisa dicek di https://www.t-mobile.nl/thuis
      Tadinya kami pakai paket internet + TV, tapi karena TVnya jarang banget ditonton, jadi TV kami stop tinggal internetnya aja. Ziggo juga di sini banyak yang pakai, tp sepertinya lebih mahal dan saya juga krg tahu bisa internet aja atau engga. Semoga membantu ya 🙂

    Leave a Reply