tips berhemat biaya hidup di belanda

Tips berhemat biaya hidup di Belanda

3 Komentar .

Assalamu’alaikum! Sudah baca tentang besarnya biaya hidup di Belanda? Banyak ya? Bangeeet! Tapi saya punya tips berhemat biaya hidup yang sudah kami buktikan sendiri selama setahun tinggal di sini. Penasaran? Simak ya!

Sewa Tempat Tinggal

Pemerintah Belanda menyediakan banyak tunjangan, salah satunya adalah tunjangan sewa atau huurtoeslag. Syaratnya harga sewa rumah (hanya rumah saja tanpa biaya servis, perabot, dll) tidak lebih dari € 710,68 per bulan. Sedangkan pendapatan untuk keluarga totalnya tidak lebih dari € 30.400 per tahun. Jumlah yang didapat berkisar antara € 100-200 per bulan. Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedurnya bisa dibaca di sini.

UPDATE: Saya sempat mendengar cerita kalau ada siswa yang ditagih untuk mengembalikan uang toeslag, bahkan setelah ia sudah pulang ke Indonesia. Alasannya, karena ia bukan pembayar pajak (tidak bekerja). Saya mendengar cerita ini bukan dari orangnya langsung, jadi saya tidak tahu persis detailnya dan bagaimana penyelesaiannya. Sejauh pengetahuan saya (dari link persyaratan di atas), tidak ada ketentuan yang menyebutkan bahwa siswa yang tidak bekerja tidak berhak menerima toeslag. Saat ini, saya masih menerima toeslag seperti biasa. Meskipun jadi deg-degan juga kalau nantinya akan ditagih. Hehehe.. Penting bagi saya untuk menceritakan ini, supaya teman-teman bisa mempertimbangkan masak-masak dan proceed further at your own risk. Hehehe..

Kebutuhan Pokok

Apa saja yang bisa dilakukan untuk berhemat biaya kebutuhan pokok?

  • Masak! Untungnya, di Belanda mudah mencari bumbu dan bahan makanan Asia. Kalau kepepet pun, tinggal jalan ke supermarket dan beli comfort food paling yahud se-Indonesia Raya, Indomie! Haha.. Kalau kepepet lho, ya…
  • Cek promo supermarket. Belanja di pasar biasanya memang lebih hemat, tapi tidak selalu. Seringkali saya belanja di pasar, eh ternyata di supermarket sedang promo dan jadi lebih murah. Karena itu biasanya saya cek harga dulu di situs supermarket. Atau baca-baca koran promo supermarket yang dikirim ke rumah. Tapi kadang, bukannya hemat, malah berakhir dengan tergoda beli produk promo yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Biasanya sih cemilan. Hihi..
  • Ikut program cashback. Kalau di Indonesia ada ShopBack, di Belanda ada Scoupy. Cara kerjanya, kita beli produk yang sedang promo di Scoupy, kemudian mengirimkan foto struk pembelian dan menerima pengembalian langsung ke rekening bank kita.

Jalan-jalan

Jauh-jauh di negeri orang, pasti ingin jalan-jalan dan eskplorasi dong.. Tapi jalan-jalan sekeluarga pastinya membutuhkan cukup banyak biaya. Apalagi transportasi umum di Belanda terkenal mahal. Tiket masuk ke tempat wisata pun juga tidak murah. Bisa-bisa membuat biaya hidup di Belanda jadi berlipat-lipat. Nah, triknya:

  • Cari tempat wisata gratis. Emang ada? Ada dong! Banyak taman-taman kota yang bisa jadi lokasi piknik saat musim panas. Ada juga kinderboerderij, peternakan kecil yang dijadikan lokasi wisata untuk anak-anak (seperti Kuntum Farm Field di Bogor).
  • Beli Museumkaart atau Kartu Museum. Dijual seharga € 59,9 untuk dewasa dan € 32,45 untuk anak-anak. Dengan kartu ini, kita bisa masuk ke lebih dari 400 museum di Belanda selama setahun, gratis! Selama 6 bulan terakhir saja, kami sudah mengunjungi museum sebanyak 8x, yang tiket masuknya masing-masing minimal € 10. Museumkaart bisa dibeli langsung di museum tertentu atau melalui situs resminya.
tips berhemat biaya hidup di belanda

Museumkaart kami bertiga, saat ke NEMO Science Museum Amsterdam

 

  • Cari tiket combo / promo. Tempat wisata seperti taman hiburan dan kebun binatang, ada yang menjual tiket combo untuk kereta, bus, dan sekaligus tiket masuknya. Lebih murah dibandingkan beli terpisah. Cek juga situs-situs promo seperti Groupon, Social Deal, dsb.
  • Beli tiket berlangganan untuk kereta. Untuk anak, bisa berlangganan KidsVrij dengan hanya membayar € 0,01 per tahun dan gratis naik kereta NS tujuan mana pun, kapan pun. Sedangkan untuk dewasa, ada beberapa pilihan berlangganan misalnya diskon 40% saat off-peak. Info lengkapnya ada di sini. Untuk yang pergi rame-rame ada group ticket, berlaku untuk 4-7 orang yang berpergian dalam 1 rute bersama-sama. Selain itu, sesekali ada juga dagkaart atau tiket harian yang dijual murah secara online atau di supermarket seperti HEMA dan Albert Heijn. Tapi biasanya cepat habis karena diburu.
  • Bawa bekal. Selama memungkinkan, kami selalu bawa bekal kemana pun. Kadang hanya roti isi dan biskuit, kadang juga yang agak berat seperti mie goreng plus bakwan. Kalau pun harus jajan, kami juga memilih jajan roti di supermarket, yang lebih terjangkau daripada makan di restoran.

Hiburan Anak

  • Perpustakaan (bibliotheek)Untuk bayi (yes right, bayi!) sampai anak umur 17 tahun, pinjam buku di perpustakaan gratis, lho! Hanya membayar biaya pendaftaran sebesar € 5. Koleksinya sangat banyak dan beragam. Dari buku kosakata, pengetahuan, dongeng, sampai komik juga tersedia. Board book dan buku kain untuk bayi pun banyak.
  • Mainan? Sewa atau beli bekas aja! Di sini ada tempat persewaan mainan yang dikenal dengan nama Speel-o-theek. Biaya pendaftarannya sebesar € 13,5 per tahun dan untuk tiap mainan yang disewa, harga sewanya antara € 0,5-1,5 per 3 minggu. Daftar lokasi speel-o-theek di seluruh Belanda, bisa dilihat di sini. Sedangkan untuk beli mainan bekas, kami biasa hunting di Marktplaats (semacam Tokopedia) atau di Kringloop (toko barang bekas). Jangan salah, barang bekas di sini masih sangat layak pakai. Bahkan kadang masih nampak baru. Dan harganya jauh di bawah harga barunya.

Barang tak habis pakai

  • Beli bekas. Seperti halnya mainan, perabot dan elektronik bekas di sini kebanyakan masih sangat baik kondisinya. Selain di Kringloop dan Marktplaats, barang bekas juga bisa dicari di grup market place Facebook seperti Marktplaats Rotterdam dan Commodity Market Rotterdam. Tapi, meskipun kami mencari harga yang murah, kami tetap selektif memilih barang yang dibeli. Contohnya, kami tidak sembarangan membeli karpet bekas. Karena mayoritas orang di sini memelihara anjing. Kebayang kan repotnya kalau harus cuci karpet 7x?
tips berhemat biaya hidup di belanda

Salah satu sudut di Kringloop. Dari mulai perabot, baju, elektronik, alat dapur, sampai mainan, semua ada

 

  • Menerima barang-barang lungsuran. Kami juga sering ditawari barang-barang lungsuran, terutama baju, yang tentu saja kami terima dengan senang hati. Ada yang dari orang tua teman Aim atau juga teman sesama orang Indonesia yang menetap di sini. Ngga ada kata gengsi di sini. Apa pun yang bisa kami manfaatkan, kami terima.

 

Tips lain yang tidak kalah penting adalah tentukan prioritas. Selalu ingat apa tujuan awal kita tinggal di sini. Jangan mudah tergiur dengan sale barang-barang branded, kecuali memang buka jastip. Hehehe.. Gaya hidup orang Belanda sendiri juga sederhana dan ngga neko-neko, kok!

Semoga tips berhemat biaya hidup di Belanda ini bermanfaat ya! Teman-teman ada tips berhemat lain? Boleh lho, diceritakan juga di kolom komentar.. See you in the next post! Doei!

hizalia-sign

You Might Also Like

3 Comments

  • Reply
    Biaya Hidup di Belanda Untuk Keluarga – Hizalia
    Februari 16, 2018 at 5:07 pm

    […] per bulan. Karena cukup panjang, tips dan triknya saya bagikan di tulisan terpisah. Bisa dibaca di sini […]

  • Avatar
    Reply
    Muthia
    Maret 20, 2018 at 7:02 pm

    Halo mbak, salam kenal. Untuk berbelanja di marktplaats apakah aman? Khawatir uang di transfer tapi barang nggak sampai. Ada tips ngga apa yg hrs diperhatikan sebelum transaksi disana? Terima kasih sebelumnya

    • Hizalia
      Reply
      Hizalia
      Maret 21, 2018 at 8:14 pm

      Hai mba, salam kenal juga. Suami pernah mba kejadian kena tipu di Marktplaats, hehe.. Sejak itu sebisa mungkin kami pilih yang lokasinya dekat jadi bisa ambil barangnya sendiri. Kalau terpaksa sampai kirim, diperhatikan lama aktifnya, mba. Kalau yang member bertahun-tahun lamanya Insyaa Allah aman. Trus search juga foto yang mereka pajang pakai Google image search. Kalau tipu-tipu, pasti pakai foto orang lain (hasil searchnya dari situs lain). Semoga membantu ya mba 🙂

    Leave a Reply