kalender ramadhan

DIY Kalender Ramadhan untuk Evaluasi Kegiatan Ramadhan Anak

1 Komentar .

Assalamu’alaikum! Masih dalam rangka menyambut bulan puasa, selain mempercantik rumah dengan dekorasi buatan sendiri, saya juga mempersiapkan kalender Ramadhan untuk membantu mas Aim mengevaluasi puasa dan kegiatan ibadahnya selama bulan yang suci ini. Insyaa Allah, mas Aim akan belajar puasa setengah hari. Selain itu, kami juga punya target untuk mas Aim yaitu lebih rajin ikut sholat, belajar qiroati, dan hafalan surat.

Sebelumnya sih saya ingin membuat kalender yang berisi hadiah-hadiah kecil setiap harinya. Seperti cokelat, biskuit, dan sebagainya. Tapi setelah saya pertimbangkan lagi, saya khawatir kalau saya jadi menanamkan niat puasa yang salah ke mas Aim. Akhirnya saya putuskan untuk membuat activity calendar saja. Yuk, disimak cara buatnya!

Bahan dan Alat

  • Kardus bekas atau karton sebagai alas.
  • Cat, spidol, atau krayon untuk nama dan judul.
  • Karton warna-warni untuk hiasan (saya menggunakan kardus bekas sereal yang dicat)
  • Kertas stiker untuk membuat activity sticker. Kalau tidak ada, bisa menggunakan kertas biasa, lalu nanti ditempel menggunakan lem.
  • Gunting/cutter dan lem

kalender ramadhan

Cara Membuat

1. Potong kardus bekas atau karton sesuai keinginan. Kalender saya berukuran 58×32 cm. Kok nanggung banget sih ukurannya? Iya, karena kardusnya hanya cukup segitu. Hehehe.. Jadi, sesuaikan saja dengan bahan yang dimiliki, tapi perhitungkan hal-hal berikut:

  • Akan ada 30 kotak, masing-masing berukuran 5 cm (ini juga fleksibel ya)
  • Jarak antar kotak (minimal 0.5 cm)
  • Area untuk nama anak, judul, dan hiasan

2. Buat 30 kotak untuk masing-masing hari di bulan Ramadhan. Saya menggunakan cat. Time consuming, of course! Because each box needs at least 3 layers of paint! But hey, I love the results. Kalau ingin lebih praktis, bisa menggunakan karton/kertas berwarna untuk tiap kotaknya.

3. Beri tulisan nama anak dan judulnya. Teman-teman bisa juga lho mengajak anak untuk menuliskan sendiri namanya di sini. Not in my case, hehehe.. Maklum, saya agak perfeksionis kalau menyangkut prakarya saya. Jangan ditiru! 😀

4. Beri hiasan. Di sini teman-teman bisa berkreasi sesuka hati. Sebetulnya saya sudah membuat paper fan untuk hiasan kelender ini. Tapi setelah dilihat-lihat kok sepertinya terlalu “cantik” untuk kalender anak laki-laki. Haha.. Akhirnya saya buat hiasan bintang-bintang dari kardus bekas sereal yang saya cat dengan cat akrilik. Masih 1 tema lah yaa dengan dekorasi Ramadhan saya yang ada bintangnya juga.

5. Siapkan activity sticker. Untuk stiker ini, sesuaikan dengan target aktivitas Ramadhan masing-masing ya.. Untuk mas Aim, saya menyiapkan 4 macam stiker. Stiker sholat, puasa, qiroati, dan hafalan. Masing-masing berukuran 2×2 cm.

kalender ramadhan

Saya menggunakan icon dari FlatIcon untuk masing-masing gambarnya. Icon di sana gratis ya, hanya perlu daftar saja. Tapi meskipun gratis, jika digunakan untuk disebarluaskan, jangan lupa untuk memberikan atribusi kepada mereka. Masukkan kata kunci “ramadan” untuk berbagai icon bernuansa Islami. Tiap icon bisa di-customize warnanya sesuai dengan keinginan. Pilih PNG untuk tipe file-nya dan 64 untuk ukurannya.

Teman-teman bisa menggunakan fitur tabel di Microsoft Word untuk membuat stikernya.

kalender ramadhan

6. Pasang di dinding. Selesai!

kalender ramadhan

 


Semoga kalender Ramadhan ini berguna ya.. Terutama bagi anak-anak, untuk membantu mereka fokus dan semangat ibadahnya. Selamat berpuasa, teman-teman! Semoga kita semua diberi kelancaran dalam beribadah dan menjadi muslim muslimah yang lebih baik lagi setelahnya. Aamiin.. See you in my next post!

hizalia-sign

 

 

 

 

 

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    DIY Kalender Ramadhan untuk Evaluasi Kegiatan Ramadhan Anak
    Mei 16, 2018 at 1:53 pm

    […] Baca Selengkapnya […]

  • Leave a Reply