dekorasi ramadhan

Ramadhan Lebih Meriah dengan Dekorasi Buatan Sendiri (Free Printable Paper Bunting!)

6 Komentar .

Assalamu’alaikum! Tinggal beberapa hari lagi, Ramadhan tiba! Menyambut datangnya bulan Ramadhan di Belanda, tidak ada yang spesial seperti yang biasa kita jumpai di Indonesia. Semua berjalan biasa saja seperti hari-hari lainnya. Tentu saja hal ini jadi membuat saya jadi rindu dengan Indonesia. Rindu dengan meriah dan antusiasme lingkungan di sekitar saya dalam menyambut Ramadhan. Akan tetapi, bukan berarti suasana istimewa ini tidak bisa kita ciptakan sendiri, lho! Karena itulah, saya kemudian berpikir untuk menghias apartment dengan dekorasi Ramadhan buatan sendiri.

Selain untuk menciptakan suasana yang spesial di rumah, hal ini juga jadi salah satu cara saya untuk menanamkan kepada Aim, betapa istimewanya bulan ini bagi umat Islam. Maklum, di sekolahnya (yang adalah public school) selalu ada perayaan hari raya agama mayoritas di sini, yaitu perayaan Natal dan Paskah. Jadi saya ngga mau kalah, dong! Harus usaha lebih ekstra untuk membuat mas Aim antusias dan bersuka ria menyambut bulan Ramadhan.

Dan, tadaaaa! Jadilah paper bunting dan paper fan menghiasi salah satu dinding apartment kami.

dekorasi-ramadhan

Tertarik ingin menghias rumah teman-teman dengan dekorasi Ramadhan seperti ini? Tentu bisa! Karena kalian tinggal unduh desain paper bunting yang saya buat, gratis! Ngga perlu repot lagi untuk buat sendiri.

Membuat Paper Bunting (Bendera Kertas)

Yang kalian butuhkan hanya 4 lembar kertas berukuran A4, printer, gunting, dan tali/benang.

 

1. Unduh file di atas dan cetak.

2. Potong masing-masing bendera sesuai dengan garisnya.

3. Lipat bagian atas bendera selebar kurang lebih 1″ (sekitar 1,25 cm).

dekorasi ramadhan

4. Pasangkan tali/benang di dalam lipatan dan rekatkan dengan selotip.

dekorasi ramadhan

5. Done! Tinggal dipasang di dinding, deh!

Membuat Hiasan Paper Fan (Kipas Kertas)

Nah, untuk hiasan paper fan alias kipas-kipas kertasnya, saya buat dari kertas kado dan kertas cokelat yang biasanya kalau di Indonesia dipakai untuk sampul buku tulis anak SD (saya ngga ngerti namanya apa, hahaha). Selain kertas kado, kalian bisa juga menggunakan karton manila yang berukuran besar.

1. Potong kertas berbentuk persegi panjang. Ukurannya bisa kalian sesuaikan sendiri dengan keinginan atau ketersediaan kertas. Ukuran sisi lebar kertas = diameter kipas. Yang perlu diingat, sisi panjang kertas minimal 2x ukuran sisi lebarnya (lebih panjang lebih baik). Saya sendiri membuat 3 ukuran yaitu: 30×60 cm, 20×40 cm, 12×30 cm.

2. Lipat-lipat seperti akordion. Lebar lipatannya bisa dibuat beragam sesuai ukuran kipas atau disamakan semua. Sebagai contoh, milik saya dibuat beragam. Semakin kecil ukuran kipasnya, saya buat semakin kecil pula lipatannya. 2,5 cm untuk ukuran besar, 2 cm untuk yang sedang, dan 1/2″ (sekitar 1,25 cm) untuk yang kecil.

3. Pipihkan lipatan akordion dan lipat lagi menjadi dua. Ikat tengahnya menggunakan tali/benang.

dekorasi ramadhan

4. Lebarkan lipatannya dan gunakan selotip atau staples untuk menyambung sisi-sisinya. Kalau penjelasan saya ini dirasa kurang jelas, kalian bisa juga cari video tutorialnya di YouTube. Cari dengan kata kunci “DIY paper fan”. Harap maklum, saya suka kesulitan menyusun kalimat instruksi seperti ini. Hehehe..

5. Terakhir, kalian bisa menutup bagian tengahnya dengan menggunakan kertas yang dipotong berbentuk lingkaran. Supaya kuat, saya menggunakan lem tembak. Selain kertas berbentuk lingkaran, ada juga yang saya tutup dengan hiasan berbentuk bulan dan bintang. Saya membuatnya dari karton bekas sereal yang saya cat dengan cat akrilik warna emas. Teman-teman juga bisa berkreasi dengan bentuk lain, misalnya bentuk siluet masjid.

dekorasi ramadhan

6. Tempelkan di dinding menggunakan double tape, susun sesuai keinginan. Dinding jadi lebih cantik, deh!

dekorasi ramadhan

 

Perlu inspirasi menu berbuka puasa yang lezat? Coba resep yang satu ini!


Mudah kan? Semoga artikel saya kali ini bisa memberikan inspirasi untuk menciptakan suasana Ramadhan yang istimewa di rumah teman-teman semua. Selamat berkreasi ya. Dan tak lupa, selamat menjalankan ibadah puasa! See you on my next post!

hizalia-sign

You Might Also Like

6 Comments

  • Avatar
    Reply
    Mega
    Mei 14, 2018 at 8:50 am

    Kalau tinggal di luar negeri, dekorasi yang begini pasti berasa banget ya mbak… kalau di negara sendiri, istilahnya tanpa dekorasi, suasana ramadhan dan lebaran sudah sangat terasa. Paduan warnanya manis banget deh. Semoga ramadhan ini berkah buat mbak dan keluarga. Oh iya, salam kenal 😀

    • Hizalia
      Reply
      Hizalia
      Mei 15, 2018 at 1:37 pm

      Salam kenal juga mba Mega.. Semoga Ramadhan ini juga jadi berkah utk mba ya.. Aamiin

  • Avatar
    Reply
    Tisha Xandria
    Mei 15, 2018 at 2:40 am

    Cantik banget Mbak DIY-nya.. Mudah dibuatnya pula..?

    • Hizalia
      Reply
      Hizalia
      Mei 15, 2018 at 1:38 pm

      Terima kasih mba 🙂

  • Avatar
    Reply
    Melati
    November 17, 2018 at 1:33 am

    Assalamualaikum cantik bgt mba suka,alhamdulillah dpt ilmu baru,mba boleh request kah untuk tulisan maulid nabi Muhammad Saw? Terimakasih banyak mba wassalamu’alaikum.salken mba

  • Leave a Reply